Perbedaan Monitor/TV LCD dan LED

Beda Monitor/TV LCD dan LED - Berikut ini ichentech akan mencoba memberikan pemahaman akan perbedaan dari Layar LCD dan LED yang dewasa ini pertumbuhannya sangat cepat dan berkembang baik di Indonesia. Secara singkat dapat kami jelaskan bahwa Layar LCD menggunakan tabung Cold Cathode Fluorescent Lamp (CCFL). Ketika dinyalakan, tabung fluorescent tersebut membentuk uap merkuri (air raksa) bertekanan rendah. Meskipun rendah, LCD masih kurang ramah lingkungan karena kandungan merkuri (Hg) ini. Di era sekarang ini, CCFL yang ada di monitor LCD ini perlahan tapi pasti mulai digantikan oleh light emitting diode (LED), khususnya di negara maju. Layar LED didasarkan pada teknologi dioda pemancar cahaya. 

Selain perbedaan dasar dari cara pencahayaan diatas terdapat pula perbedaan tingkat penghematan daya listrik. dimana Layar LCD dan LED sama-sama mengkonsumsi listrik yang kecil dan mengeluarkan radiasi yang rendah jika dibandingkan monitor jenis tabung (CRT) sehingga aman untuk kesehatan mata. Konsumsi listrik yang dibutuhkan LCD kurang lebih 22 watt dan LED membutuhkan kurang lebih 8 watt, sehingga layar LED paling hemat dalam hal konsumsi listrik. Sekarang terserah anda mau pilih yang mana untuk monitor maupun Televisi anda, namun harga monitor LED sedikit lebih mahal. 

Perbedaan lainnya adalah terletak pada gambar yang dihasilkan, Gambar yang dihasilkan oleh layar LED ternyata Lebih terang dan lebih fokus daripada layar LCD. Hal ini disebabkan faktor Dinamic Contrast Ratio LED jauh lebih besar dibandingkan LCD sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam. 

Tidak ada yang abadi di dunia ini termasuk buatan ahli teknologi sekalipun, demikian juga dengan teknologi monitor LCD dan LED yang memiliki masa pensiun. Layar LCD maupun LED mempunyai batas ketahanan usia tertentu. Layar LCD berumur kurang lebih 60.000 jam (11 tahun, jika dipakai rata-rata 15 jam/hari), sedangkan Layar LED berumur kurang lebih 100.000 jam (18 tahun, jika dipakai rata-rata 15 jam/hari). 

Itulah beberapa Perbedaan dari layar atau monitor dan televisi LCD dengan LED yang saat ini mulai menggeser posisi pasar layar CRT bin tabung. Untuk informasi terbaru lainnya terkait teknologi monitor dan Notebook temukan hanya di Notebook Terbaru. Artikel ini kami himpun dari berbagi sumber terpercaya seperti kompas.com dan detik.com dari google.com

0 comments:

Post a Comment

 
Dari pada salah bicara, ICHENTECH tulis apa adanya
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls