Cara Perbaiki Printer ala Teknisi

Cara Perbaiki Printer ala Teknisi - Meningkatnya penjualan PC dan Laptop berbanding lurus dengan penjualan Printer sebagai alat cetak dokumen dan juga Foto. Namun sebagai pengguna biasa terkadang terselip masalah yang sulit dipecahkan dengan masalah printer yang ngadat atau tidak mau bekerja. Alih alih memperbaiki sendiri atau mengatasi sendiri, dan akhirnya teknisi yang bekerja. Padahal tingkat produktifitas printer tersebut dirasa belum sebanding dengan harga belinya. Untuk itu ichentech pada kesempatan ini mencoba mengulas sedikit tentang tips dan Cara memperbaiki Printer sendiri ala teknisi.

Lihat juga artikel kami sebelumnya tentang Harga Printer Brother yang memiliki garansi panjang dibandingkan printer lainnya

Teknisi juga manusia, bukan superman yang bisa segalanya. namun karena pengalaman berpihak padanya  sehingga teknisi lebih dulu bisa dari anda. Jika Printer anda bermasalah, jangan segan segan untuk mencoba memperbaiki atau mengatasi sendiri. Ada pun beberapa masalah umum yang bisa anda atasi sendiri tanpa harus memanggil teknisi printer adalah :
  • Printer tidak bisa menyala
  • Printer tidak terdeteksi oleh komputer
  • Tinta tidak keluar
  • Tinta habis
  • Kertas nyangkut
  • Hasil cetakan bergaris
  • Hasil cetakan putus putus
  • Tinta berwarna tidak keluar

Solusi Perbaiki Printer ala Teknisi

Jika Printer tidak bisa menyala : Pastikan anda telah memasang kabel power dengan benar, cek kondisi kabel dan jek sambungan. kalau ada yang tidak tepat segera ditepatkan pada tempatnya.

Jika Printer tidak terdeteksi oleh komputer : Sudahkah anda menginstal driver printer ke komputer anda? jika belum segera di instal sebelum menyambungkan kabel data dari printer ke USB komputer. Namun bila anda telah menginstal tetap juga tidak terdeteksi, ada kemungkinan kabel data kendor atau ada yang rusak maka anda harus menggantinya.

Jika tinta tidak keluar : Segera diperiksa kondisi tengki tinta printer anda, apakah masih ada tintanya atau tidak? Dilihat apakah kering headnya? Ambil head printer atau tengki tinta printer, kalau dipegang menggunakan tisue tidak keluar berarti ini masalahnya : habis tinta atau tinta kering. Jika habis maka anda harus segera mengisinya, jika kering maka anda harus membersihkan ujung dari tengki tinta atau cartridge tersebut dengan tisue basah.

Tinta Habis : jika ini terjadi anda bisa mengisi ulang tangki tinta anda dengan cara merefil sendiri atau merefil nya di toko pengisian tinta seperti : Rainbow, inkclinique dll

Kertas nyangkut : Jika terjadi kertas nyangkut maka anda harus berhati hati, buka penutupnya printer depan kemudian perlahan tarik kertas yang nyangkut dari depan bawah, atau dari atas kalau itu masih memungkinkan, bersihkan semua kertas yang nyangkut jangan di sisakan. Tips amannya : Jangan memasukkan kertas di tempat loading kertas melebihi kapasitas, lebih aman letakkan 10 atau 15 kertas.

Hasil cetakan bergaris - Untuk masalah ini yang perlu anda lakukan adalah membersihkan head printer, baik secara manual maupun menggunakan teknik head cleaning yang terdapat pada properties manajement printer.

Hasil cetakan putus putus - ini sama dengan hasil cetakan bergaris : yaitu membersihkan head printer, jika manual dengan mengambil headnya kemudian di lap dengan tisue basah. namun lebih mudah dicoba dulu dengan head cleaning sistem.

Tinta berwarna tidak keluar : Tidak keluarnya tinta bisa jadi karena tinta habis atau head kering, untuk mengatasinya anda membaca solusi yang kami sampaikan diatas.

Untuk printer printer modifikasi yang umum pada saat ini, cara mengatasi masalah printer bisa dengan cara cara diatas atau anda tanyakan pihak modifikator untuk lebih amannya dan menjamin garansi dari mereka. Meski tulisan ini centang prenang... semoga bermanfaat... untuk informasi lainnya tentang printer, laptop, notebook, netbook, Aio, monitor, hardware, software, temukan hanya di ichentec

0 comments:

Post a Comment

 
Dari pada salah bicara, ICHENTECH tulis apa adanya
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls